Rabu, 21 September 2011

Kompleksitas Pemberdayaan

konsultan,manajemen,csr
Dalam kunjungan singkat ke sebuah lokasi pekerjaan pengurangan resiko bencana di Gunung Talang, Negeri yang bernama Batu Bajanjang, Jorong bernama Bawah Gunung ditemukan beberapa situasi yang membuat para pemimpim lokal merasa begitu frustasi menghadapi masyarakat mereka. Sebutlah salah seorang kepala jorong akhirnya mesti mengakui bahwa begitu sulit menggerakan masyarakatnya karena tidak dipercayanya struktur Jorong dan Nagari sebagai institusi adaministrasi terendah yang memiliki otoritas. Efek yang secara terus menerus berdampak adalah proses pengambilan keputusan dalam menetapkan kepentingan publik dan khalayak tidak mendapat legitimasi dari masyarakat dan dilemahkan, ini merupakan gambaran yang definitif tentang Sistem Chaos dalam masyarakat. Setelah di invstigasi lebih dalam beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini terjadi adalah;
  1. Telah terjadinya pengkhiantan oleh pemimpin-pemimpin yang sebelumya karena proses kepemimpinan yang tidak amanah dilakukan dan menciderai kepercayaan masyarakat. Pengkhinatan yang dimaksud adalah prilakk koruptif, manipulatif dan destruktif yang hanya menguntungkan  satu pihak. 
  2.  Tidak adanya pemimpin yang memilki jiwa kepemimpinan yang jujur, transprans dan akuntable sebagai sebuah jaminan untuk mendorong kerjasama yang kuat didalam masyarakat dan adanya penegakan keadilan.
  3. Sistem pemilihan yang tidak fair dan mengikuti ka-edah pemilihan terbuka dan dekat dengan nilai-nilai lokal dimana kelompok elit sangat menentukan. 
Sebuah situasi yang begitu menyedihkan, simbol kenagarian sebagai bentuk kembalinya sistem nilai dan administrasi kepada bentuk yang lebih akrab dengan masyarakat justru berdampak buruk. Dan Simbol kenagarian yang sudah didudukan sebagai bentuk administrasi terendah dari sistem birokrasi negara, masih belum mengalami proses reformasi yang seperti kita bayangkan, tapi masih hidup dalam bayang-bayang orde baru yaitu simbol reformasi dengan cara berpikir orde baru. (Google+)
Baca Juga: Kepedulian Sosial dan Kekuatan Pemberdayaan
Sumber Foto: Konsultan Pemberdayaan
Posted by: Konsultan Pemberdayaan Konsultan Manajemen Updated at : 08.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar